Cara Mengedit Video Dengan Adobe Premiere

Mengabadikan moment moment paling bersejarah dalam hidup Anda dalam bentuk video saat ini semakin menarik untuk dapat Anda lakukan. Perangkat kamera yang kini beredar di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau juga semakin mendukung Anda untuk terus menciptakan kenangan-kenangan indah yang tidak akan mudah dilupakan. Namun, bila Anda belum mahir dan bukan termasuk seorang kameramen profesional, terkadang video hasil bidikan Anda terasa kurang memuaskan – di saat itulah Anda perlu mengedit video.

Tapi tahukah Anda, setiap video yang dihasilkan oleh seorang kameramen di televisi atau media elektronik lainnya selalu melewati proses editing untuk dapat menghasilkan kualitas video, gambar dan suara yang baik. Prosed editing video memang membutuhkan keahlian seorang editor yang cukup memadai dalam bidang video editing, sekalipun mengeditnya memakai software yang mudah digunakan. Mengedit video tidak hanya berurusan dengan masalah penambahan efek atau pengurangan/ penambahan luminasi cahaya, tetapi juga berhubungan dengan ‘rasa’ yang secara teknis mungkin tidak setiap orang miliki. Namun, jangan khawatir karena kini ada aplikasi video editing yang dapat membantu Anda menghasilkan kualitas video yang cukup baik, yaitu Adobe Premiere.
Cara Mengedit Video – Tentang Adobe Premiere

Adobe Premiere merupakan aplikasi keluaran Adobe yang sering digunakan untuk mengedit video. Aplikasi ini sangat cocok untuk mengedit video, baik Anda seorang editor pemula, editor pada home studio, editor profesional televisi atau praktisi pada bidang lainnya. Adobe Premiere di luncurkan dengan beragam keunggulan yang (mungkin) tidak akan Anda temui pada aplikasi sejening lainnya. Seperti halnya produk dari Adobe lainnya, para pengembang Adobe Premiere pun menyajikan kemudahan-kemudahan penggunaan yang dapat dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, bahkan untuk Anda yang sama sekali belum pernah menggunakan aplikasi video editing seperti ini.

Cara Mengedit Video - Adobe Premiere

Berikut ini adalah beberapa car` mudah untuk mengedit video dengan Adobe Premiere :

CAPTURE

Proses capture gambar/ video merupakan proses pemindahan gambar dari memori penyimpanan (MiniDV atau MicroSD) ke dalam hardisk komputer/ laptop Anda. Adapun cara untuk meng-capture adalah sebagai berikut ini :

1. Aktifkan kamera/ handycam yang Anda miliki
2. Aktifkan program aplikasi Adobe Premiere pada komputer/ laptop Anda
3. Pada kotak Digital Video Device, klik menu Edit and Record Video. Kemudia klik OK
4. Pilih New Project untuk memulai project baru
5. Pilih menu DV PAL atau DV NTSC, kemudian sesuaikan dengan jenis kamera yang Anda gunakan. Untuk kamera yang biasa digunakan di Indonesia, pilih PAL. Setelah itu isi nama project yang Anda buat pada kotak Name. Diikuti dengan memilih tombol OK
6. Maka akan muncul tampilan antarmuka Adobe Premiere
7. Pilih menu File >> Campture
8. Pilih direktori yang Anda gunakan untuk menempatkan hasil capture video. Setelah itu klik Setting
9. Klik Browse untuk mencari video kemudian Klik OK.
10. Ikuti langkah yang sama untuk capture Audio
11. Gunakan perintah dan tombol yang sama seperti diatas untuk dapat membuka video yang ada di dalam MiniDV / Micro SD Anda
12. Setelah semua selesai, pilih tombol Play dan Record untuk memulai proses capture
13. Pilih tombol Stop, jika akan menghentikan proses capture.
14. Ketik nama video klip Anda dalam kotak Clip name dengan ektensi .avi
15. Klik OK untuk menyimpan klip video dalam panel project.

EDITING DALAM SOURCE MONITOR

Proses editing dilakukan untuk memotong beberapa klip video yang mungkin ingin Anda buang atau Anda simpan, caranya :

1. Drag and Drop klip video yang sebelumnya telah dismpan ke dalam Source Monitor
2. Geser klip videp untuk menentukan potongan awal, setelah itu klik In Point
3. Geser klip video untuk memnentukan potongan akhir, setelah itu klik Out Point
4. Klik dan geser klip video ke dalam timeline
5. Ulangi cara 1 hingga 4 pada bagian lainnya.

EDITING DALAM TIMELINE

Jika terdapat bagian yang masih ingin Anda hilangkan, lakukan proses dengan menggunakan banyak alat untuk mengedit klip di dalam timeline seperti dibawah ini :

1. Razor Tool : Memotong klip
2. Move Tool : Memilih Klip
3. Rate Stretch Tool : Mengatur kecepatan putar klip

PENAMBAHAN EFEK

klip-klip yang ada di dalam timeline dapat diberikan efek tambahan untuk menjadikannya lebih menarik. pilih efek dalam tab Effects, lalu Klik dan geser klip video yang Anda inginkan. Aturlah efek pada tab Effect Controls. Dan lihat hasil akhirnya pada layar.

PENAMBAHAN TRANSISI

Proses penambahan transisi dilakukan agar terjadi perpindahan antar dua atau beberapa klip menjadi lebih halus. Pilih tipe transisi yang terdapat pada folder Video Transitions. Kemudian geserlah klip diantara pertemua dua klip. Atur transisi yang telah ditambahkan dalam tab Effect Controls.

MENGGABUNGKAN KLIP VIDEO

Terapat cara yang mudah untuk menggabungkan klip video, yaitu simpan video 1 pada track Video 1, kemudia simpan video yang ingin Anda gabungkan pada track video 2, berada di atas video 1.

Untuk menggabungkan kedua klip tersebut , klik klip video 1, pilih tab Effect Controls, aturlah Opacity sesuai selera Anda. Untuk dapat menambahkan klip video dari source yang lain ke dalam panel Project, pilihkan menu File >> Import.

MENYIMPAN PROYEK

Simpanlah proyek yang telah Anda buat dengan memilih menu File >> Save, atau tekan tombol Ctrl+S secara bersamaan pada keyboard.

RENDERING VIDEO

1. Pilih menu File >> Export >> Movie (Untuk Premiere Pro 2).
2. Pilih menu File >> Export >> Media (Untuk Premiere Pro CS3dan CS4 dengan Output Mpeg)
3. Pilih menu File >> Export >>Adobe Media Encoder (Untuk Premiere Pro 2)
4. Pilih menu File >> Export >> Media ( Untuk Premiere Pro CS3 dan CS4).
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses rende tergantung pada durasi di dalam timeline dan juga dipengaruhi oleh spesifikasi komputer yang digunakan.

Penulis : Lina Safitriani ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Mengedit Video Dengan Adobe Premiere ini dipublish oleh Lina Safitriani pada hari Jumat, 11 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mengedit Video Dengan Adobe Premiere
 

0 komentar:

Posting Komentar